Perkenalan Jaringan

Definisi Jaringan

Pengertian sederhana dari jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan dan manipulasi data elektronis dan pesan-pesan, saling terkait satu dengan lainnya di mana dengan cara tersebut pengguna dapat menyimpan, menggali dan saling berbagi-pakai terhadap informasi yangtersedia. Pada umumnya yang dihubungkan oleh jaringan terdiri dari komputer mikro, terminal, printer dan media penyimpan data, serta perangkat jaringan lainnya.

Latar belakang dan sejarah jaringan

Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya superkomputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.



Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (DistributedProcessing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakansebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminalyang tersambung secara seri disetiap host komputer.

Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dankonsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besarLAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Word AreaNetwork).

Jenis-jenis jaringan

Secara umum jaringan komputer terdiri atas lima jenis :

a) Local Area Network (LAN)

Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputerpribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrikpabrikuntuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer)dan saling bertukar informasi.

b) Metropolitan Area Network (MAN)Metropolitan Area Network (MAN)

pada dasarnya merupakan versi LANyang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yangsama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yangletaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkanuntuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjangdata dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisikabel.

c) Wide Area Network (WAN)

jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untukmenjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

d) Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, seringkalimenggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda.Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisaberkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya.Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yangseringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal11ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukanhubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baikperangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yangterinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

e) Wireless (Jaringan tanpa kabel)

.jaringan tanpa kabel merupakansuatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan denganjaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapatinformasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatasmobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabeldiperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobilatau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakandengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatanakses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel

Refrensi

Komputer wahana, Jaringan Komputer, Gramedia, jakarta 2008


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: